Korupsi salah satu "Budaya"

Posted by Tommy Aditya On Thursday, November 05, 2009 0 komentar

Korupsi, kata yang tidak asing di telinga kita. Apa penyebab dari seseorang melakukan tindak korupsi? Banyak hal yang menyebabkan seseorang melakukan tindak korupsi. Padahal mereka yang melakukan tindak korupsi, pasti mengetahui bahwa melakukan tindakan tersebut tidaklah baik. Tetapi, mengapa mereka masih melakukan tindak kejahatan yang bernama korupsi tersebut?

Para pejabat tinggi negara, mereka yang seharusnya lebih mengerti dan memahami apa arti dari korupsi itu (pejabat tinggi negara pasti berpendidikan dong...). Tapi mengapa malah mereka yang sering melakukan tindakan tersebut. Rupiah demi rupiah menguap begitu saja, tanpa ada kejelasan kemana rupiah tersebut berada.

Sebuah tindakan yang sudah melekat dibenak masing-masing individu, ketika atasannya berbuat semena-mena kepada bawahan. Suatu ketika bawahan tersebut sudah menjadi atasan, dia akan mengulangi kembali apa yang telah dia rasakan. Sebagai contoh yang sangat sering kita dengar, adanya pemukulan pada suatu lembaga yang terjadi beberapa waktu lalu yang mengakibatkan seseorang juniornya meninggal, mahasiswa dengan ospeknya, dll. Begitu juga dengan yang terjadi pada pejabat-pajabat yang memerintah negara ini, begitu mereka memiliki kesempatan untuk melakukan tindakan korupsi dan iman mereka tidaklah kuat, maka dengan "terpaksa" mereka melakukan tindakan tersebut. Tindakan tersebut seperti sudah membudaya di negara ini. Kapan negara ini akan maju, sementara kelakuan warganya masih seperti ini? Semoga bisa diperbaiki "budaya" kita yang satu ini. Amin.

Categories:

0 Response for the "Korupsi salah satu "Budaya""

Post a Comment